The blog of Adwi Arifin

Friday, October 20, 2017

Software Legal Tapi MURAH???

selamat siang rekan-rekan pembaca. kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya membeli software legal khususnya Windows 10 dan Office 2016. Kedua produk ini sama-sama produk dari Microsoft yang notabene dua produk yang paling popular, dan sangat sering dipakai oleh orang-orang atau bahkan rekan-rekan pembaca juga. Namun sayangnya di Indonesia, pembajakan software masih merajalela. Hal ini dikarenakan harga yang dibanderol kedua produk itu juga tidak bisa dikatakan murah. Menurut Microsoft Store Indonesia, harga untuk sebuah Windows 10 Pro berada di angka 3.8 juta, sedangkan harga untuk sebuah Office 2016 Pro berada di angka 7.3 juta. Angka yang cukup fantastis bukan untuk sebuah PC saja? apalagi untuk kalangan menengah kebawah, rasanya harga di segitu masih susah untuk diraih, makanya di kalangan orang indonesia, lebih baik membajak saja. "Toh Microsoft juga gak bakal rugi kok kalo kita membajak produknya", seperti itu lah kira-kira anggapan sebagian orang Indonesia (termasuk saya juga).

Semakin bertambahnya waktu, apakah kita masih akan tetap membajak? itulah kira-kira yang ada di benak saya. Apakah saya akan membajak software seumur hidup? jawabannya adalah iya awalnya, namun lama kelamaan, pandangan itu juga berubah, terlebih sebagai Developer yang hidupnya menjual jasa / produk perangkat lunak, rasanya tidak etis kalau saya terus-terusan membajak. Karena jujur, sangat mudah sekali membajak suatu software, tinggal cari informasinya di internet, dan voila kita bisa mendapatkan software dengan kualitas maksimal tapi dengan harga minimal (alias gratis). Namun di sisi lain, harga Software juga tidak murah, susah didapat kalau harganya ya segitu-gitu amat.


Suatu saat, saya menemukan suatu produk di suatu marketplace, sebut saja Bukalapak. Di marketplace tersebut ada satu toko yang menjual Software WIndows dan Office dibawah 500 rb!!! Saya terkaget, mana mungkin harganya segitu, karena saya sendiri juga mengikuti harga Software asli kalau sedang promo pun ndak mungkin harganya sampai seperti itu. Sangat tidak masuk akal, bahkan saya sendiri juga tidak bisa percaya awalnya. Saya cari beberapa referensi, dan ternyata di beberapa toko lain juga ada yang menjual di kisaran harga tersebut, dan saya masih tidak percaya. Saya cari-cari lagi ada yang menjelaskan bahwa untuk harga tersebut, yang dijual bukanlah produk lengkap seperti yang ada di retail yaitu berisikan CD/DVD beserta boxnya + stiker 3D, dan juga serial number untuk produk tersebut. Dengan harga dibawah 500rb, ternyata yang dijual hanya lah serial number saja, tanpa produk fisik, tanpa stiker 3D. Mulai dari titik ini, saya sudah berpikir, oke masuk akal. tapi apa benar microsoft menjual serial numbernya saja ke khalayak umum? pertanyaan ini belum bisa saya jawab, saya juga masih mencari asal usul, adakah jalur resmi untuk menjual serial number dari microsoft, bagaimana cara penjual-penjual di marketplace bisa menjual serial tersebut? pertanyaan-pertanyaan tersebut belum terjawab. Tapi satu hal yang pasti, saya memberanikan diri untuk membeli produk tersebut, dan membuktikan sendiri, apakah bisa aktivasi online atau tidak.

Berikut adalah pengalaman saya instalasi windows dan office menggunakan serial yang saya beli dari bukalapak, lapaknya bisa di klik disini, semoga lapaknya masih aktif. Pertama untuk instalasi windows sama seperti biasa, serial number bisa kita masukkan di awal instalasi, atau kita skip bagian insert serial number, lalu kita masukkan serial number saat windows sudah siap. Untuk instalasi office, kita diharuskan memiliki akun microsoft (outlook/live/lainnya), lalu kita buka halaman ini, lalu kita sign in menggunakan akun microsoft yang sudah kita buat, lalu kita masukkan serial yang sudah kita dapat, selanjutnya kita bisa mendapatkan installer dari web tersebut. Sangat disarankan kita menggunakan installer yang diberikan dari web tersebut, karena nantinya kita tidak perlu melakukan aktifasi lagi, installer tersedia dalam 2 macam, yaitu online installer dan offline installer. jika tempat anda fakir koneksi, maka gunakan saja offline installer agar tidak membebani koneksi / kantong anda.

Berikut adalah bukti bahwa software tersebut adalah asli (aktivasinya online ya gan, bukan by phone)
Status Aktifasi Windows 10 Pro (Retail Channel)
Aktivasi Permanen, tidak ada batas kadaluarsa
Status Aktivasi Office 2016 Pro Plus (Retail Channel)

Sekian informasi dari saya, semoga informasi kali ini membantu. Dan semoga kedepannya pembajakan terhadap software bisa semakin berkurang. Biar developer seperti saya bisa lebih dihargai. See you...

Any comments? leave it below.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Visit our Site

Total Pageviews