The blog of Adwi Arifin

Tuesday, March 30, 2010

Kehilangan Data

Kalian pernah yang namanya kehilangan data???? dijaman modern kya gini data itu sangat penting. dan terlebih data digital. data digital disimpan pada media digital seperti hardisk, flashdisk, dll...

Tapi apa kalian pernah berfikir, kalo nanti hardiskku cacat gimana ya?? apa datanya ilang. ato punya kasus kya gini. Waduh, sial. hardisk gw salah format. gimana nih ngembaliin datanya. penting banget tuh data. ato punya kasus, aq pingin ngembaliin data yang dulu udah kehapus, bisa gak ya.



Saya disini juga pernah ngalami kehilangan data seperti itu. dan hebatnya saya berhasil mengembalikan semua data yang hilang itu!!! lho, gimana caranya? tenang aq punya software hasil hunting di hutan belantara internet ini.
nama softwarenya DiskInternals Partition Recovery 2.9. dengan bantuan software itu saya berhasil merecovery data yang jumlahnya mencapai 9 GB!! tapi inget. pada prinsipnya semua data yang udah kehapus itu gak bisa dikembaliin lagi.

Ada beberapa kriteria(menurut aq) dimana data itu bisa dikembaliin lagi apa gak:
1. waktu data hilang, dan waktu saat kita akan merestorasinya
ini sangat penting, karena kalau data sudah hilang sangat lama kemungkinan akan berhasil direcovery sangat kecil. ini diakibatkan karena sebenarnya saat data dihapus dari media, itu bukan benar benar menghapus. tapi menandai bahwa data itu sudah tidak terpakai lagi. saat ada data baru, data baru itu akan menimpa tempat dari data lama. sehingga seiring dg berjalannya waktu, data hilang yang usianya sudah sangat lama akan sulit untuk dikembalikan.
2. besar kapasitas data
pada kebanyakan kasus, data yang kecil  kemungkinan berhasil direcovery lebih besar daripada data yang berukuran besar. ini diakibatkan data kecil umumnya berada pada sector yang saling berdekatan. tidak seperti data yang berukuran besar, mungkin sebagian ada di sektor A, dan selanjutnya ada di sektor B (misal). oleh karena itu kalau ada data baru menimpa di sektor B. maka data yang besar itu akan sulit untuk dikembalikan.
3. jenis data (extensi)
entah kenapa ini termasuk dalam kriteria, tetapi dalam banyak kasus yang sudah saya lakoni. data berjenis plain text lebih banyak kembali dari pada data berjenis bynari, termasuk didalamnya musik, video ataupun gambar. beberapa diantaranya hanya bisa kembali sepenggal.

mungkin untuk saat ini cukup disini pembahasan saya. mohon maaf dan tolong koreksinya kalau ada salah kata(namanya juga manusia, banyak salahnya). oh ya ada 1 alternatif lagi sebenarnya, temenku nyaranin, tapi aq belum nyoba namanya DiskInternals Uneraser 2.9.

Sekian...
Salam sejahtera bagi seluruh umat di dunia.
Share:

1 comment:

  1. Memang paling bahaya kalau kehilangan data,,apalagi yang penting.Tugas, kerjaan, foto2 ataupu file apapun.
    Saran saya lebih baik melakukan back up data secara rutin,,walaupun seiring perkembangan teknologi sudah semakin canggih, dengan munculnya software2 yang dapat mengembalikan file2 yang terhapus,tapi mengantisipasi lebih baik.
    thanks.

    ReplyDelete

Visit our Site

Total Pageviews