The blog of Adwi Arifin

Thursday, October 23, 2014

Mengatasi Yellow-Screen

Halo semua, barusan saya mendapatkan masalah berupa layar yang berwarna agak kekuning-kuningan. Ya, kuning (Yellow seperti gambar berikut:


Dalam beberapa hal mungkin hal itu tidak bermasalah karena warna pada tempat lain masih biasa-biasa saja, yang berubah hanya pada windows photo viewer. Namun kalau ditelaah lebih lanjut, saat kita membuka Photoshop, maka akan muncul pesan error berupa berikut:

Pesan tersebut mengatakan bahya Profil dari monitor yang bernama "2351" cacat / defective. Hal ini dikarenakan profil monitor tersebut tidak cocok. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Check this out.

Pertama-tama buka kotak dialog Color Management dengan cara klik kanan pada desktop, lalu pilih Screen resolution


Lalu akan muncul window Screen Resolution, lalu klik Advanced settings yang ada di bagian kanan bawah.


Selanjutnya akan muncul dialog dari monitor dan vga anda, selanjutnya pilih tab Color Management, lalu klik Color Management yang ada pada bagian isinya.


Jika dirasa langkah diatas terlalu panjang, maka coba cara ini. Klik start, lalu ketikkan pada search box dengan tulisan "color management", lalu klik bagian yang sesuai.


Setelah jendela Color Management terbuka, perhatikan bahwa terdapat profil yang bernama "2351" didalam sana, nama ini bisa berbeda di tiap komputer. Namun yang jelas profil tersebutlah yang membuat layar agar kekuning-kuningan. Sehingga kita perlu menghapusnya.


Lalu cara menghapusnya bagaimana?
Cara menghapusnya yaitu kita masuk ke tab All Profile lalu cara nama profil tadi di bagian bawah sendiri (atau mungkin di tengah, intinya cara nama profile yang cacat tadi), lalu klik Remove di bagian kanan bawah.


Dengan begitu, profil yang cacat tersebut sudah lenyap dan layar sudah kembali normal.
Pastikan bahwa profil tersebut telah terhapus dengan cara melihat pada tab Devices kembali.


Dan voila, sekarang anda dapat melihat gambar tanpa kekuning-kuningan.


Dan saat anda membuka program Photoshop, maka pesan tersebut tidak muncul lagi
Happy Ending dah :)



Share:

0 comments:

Post a Comment

Visit our Site

Total Pageviews