The blog of Adwi Arifin

Sunday, December 31, 2017

Cara mengecek versi Windows 10


Tahukah kalian bahwa baru-baru ini windows baru saja mengeluarkan update terbarunya yang diberi nama Fall Creator Update. Apa kalian sudah mendapatkannya? kalau saya sih sudah, haha. Makanya pakai windows yang asli biar dapet update secara berkala, murah kok, cek tulisan saya Software Legal Tapi MURAH???. Tapi yang akan saya bahas disini bukan itu, melainkan gimana sih caranya mengecek versi Windows 10 yang sedang kita gunakan? yuk simak caranya dibawah ini.



1. Buka Run (Windows + R), lalu ketik "winver"
ketik "winver" pada kotak dialog Run
2. Nanti akan keluar kotak dialog sebagai berikut.
Kotak dialog About Windows
3. Nah dari gambar tersebut, coba perhatikan yang saya kotaki merah, itulah versi Windows 10 yang sedang kalian gunakan, contoh diatas menunjukkan Windows 10 yang dijalankan adalah versi 1709 (Fall Creator Update)

Bagi kalian yang penasaran emang apa aja sih versi windows 10 sampai sekarang?
sampai pada tanggal 31 Desember 2017, ada 5 versi Windows 10 yaitu:
  • Versi 1507
  • Versi 1511 (November Update)
  • Versi 1607 (Anniversary Update)
  • Versi 1703 (Creators Update)
  • Versi 1709 (Fall Creators Update)
sebenarnya ada lagi 1 versi yang dijadwalkan awal 2018, kita nantikan saja update resmi nya.

Dari versi-versi yang sudah saya jabarkan, kalian memperhatikan gak kalo itu semacam sandi tersembunyi? disitu bisa kita tarik kesimpulan bahwa versi windows terdiri dari 2 bagian yaitu bagian tahun dan bagian bulan, 2 angka pertama menunjukkan tahunnya, sedangkan 2 angka terakhir menunjukkan bagian bulan, dengan begini sebenarnya lebih mudah diingat. apalagi dengan 2 update yang terakhir memiliki rentang waktu yang baik yaitu 6 bulan, mirip dengan Ubuntu yang notabene memiliki 2 update setiap tahunnya yaitu pada april dan oktober. So apakah versi yang terbaru nanti juga memiliki rentang waktu yang sama yaitu 6 bulan? yang berarti 1803? kita nantikan saja update resmi dari microsoft.

see you.
Thanks.

referensi: 
https://winpoin.com/tanda-bahwa-windows-10-kamu-sudah-berada-di-fall-creators-update-2/
https://en.wikipedia.org/wiki/Windows_10_version_history
Share:

0 comments:

Post a Comment

Visit our Site

Total Pageviews