The blog of Adwi Arifin

Tuesday, January 16, 2018

Task Manager di Windows 10 versi 1709


Apa kalian tahu kalau Task Manager di Windows 10 versi 1709 mendapatkan update fitur? Memangnya fitur apa? Fitur baru tersebut adalah GPU Monitoring. Dengan GPU Monitoring, kita bisa melihat berapa memori yang sedang terpakai, seberapa besar proses yang dilakukan oleh GPU, dan proses apa yang memakai resource GPU kita.



Task Manager - Performance


Task Manager - Process

Seperti dapat kita lihat pada gambar diatas, GPU Monitoring akan muncul di dua tempat, yaitu di Tab Process dan Tab Performance. Pada Tab Process kita bisa melihat berapa persen keseluruhan resource GPU kita terpakai, dan juga kita bisa melihat aplikasi atau process mana saja yang memanfaatkan resource GPU kita. Pada tab Performance, kita bisa melihat resource GPU kita terpakai untuk melakukan apa? Ada 4 macam proses komputasi yang ditampilkan oleh Task Manager secara default, yaitu 3D, Copy, Encode, dan Decode. Selama pemakaian beberapa minggu, saya hanya menjumpai 3D dan Copy. 3D akan meningkat ketika process rendering 3D terjadi, umumnya ini terjadi ketika kita memainkan Game. Untuk Copy, saya menjumpai saat menjalankan proses mining, beberapa algoritma mining terkadang akan menaikkan komputasi 3D, beberapa algoritma terkadang akan menaikkan komputasi Copy. Sampai pada poin ini, saya belum bisa menjelaskan lebih lanjut.

Dibalik update yang cukup bermanfaat buat saya ini, ternyata update ini tidak bisa dirasakan oleh semua kalangan. Karena ada batasan hardware. Contohnya, gambar diatas adalah gambar yang saya ambil di PC saya, namun untuk di Laptop saya, yang tampil hanya seperti berikut.

Task Manager - Process (Laptop)
Task Manager - Performance (Laptop)

Seperti dapat kita lihat, tulisan GPU tidak muncul sama sekali. Apa yang salah? ternyata update ini memiliki persyaratan bahwa Driver GPU kita support WDDM minimal versi 2.0. Dimana kita bisa mengecek informasi ini? kita bisa mengeceknya di dalam DXDIAG, lalu klik pada tab Display. Di panel sebelah kanan (Drivers) terdapat informasi Driver Model, disitu tertera versi WDDM yang disuport oleh Driver GPU kita. Berikut contoh yang dapat saya tunjukkan.

dxdiag - PC
dxdiag - Laptop
Dapat kita lihat pada gambar diatas, bahwa pada PC saya tertera WDDM 2.3 sedangkan pada Laptop saya tertera WDDM versi 1.3. Inilah yang menyebabkan bahwa pada laptop saya tidak muncul GPU Monitoring pada Task Manager. Padahal windows pada laptop saya update lebih dahulu ketimbang yang ada di PC.

Mau tau cara cek versi windows 10 kamu? baca Cara mengecek versi Windows 10
Mau tau cara beli windows 10 tapi murah? baca Software Legal Tapi MURAH???
Share:

0 comments:

Post a Comment

Visit our Site

Total Pageviews